24 Agustus, 2009

RENUNGAN..........

Kesucian Dan Proporsi

Bangunan suatu keadaan suci, didirikan antara lain dengan suku cadang empan papan atau proporsi. Yakni adanya suatu tatanan, keyakinan atau etika mengenai penempatan.

Kalau misalnya ada tinja menempal di sarung shalat kita, itu ketidak sucian dalam konteks ibadah. Tapi tinja adalah rahmat Allah untuk merabuki pakaian. Dan jangan lupa pekerjaan buang air besar adalah anugerah kesehatan.

Pisau itu suci, ia mubadzir kalau saya diamkan atau sekedar saya pakai untuk hiasan. Tapi ia juga bermanfaat kalau saya pakai untuk menguliti mangga kemudian saya suguhkan kepada anda untuk dimakan. Tapi kalau pisau itu saya pakai untuk menikam perut anda , maka saya telah mengotori hakekat sucinya kasih sayang.

Kalau ternyata mangga yang saya kuliti denga
n pisau itu adalah mangga curian, maka letak ketidaksuciannya tidak pada mangga atau pisaunya, melainkan pada tindakan pencurian yang saya lakukan.

(noer mahfudz)

Tidak ada komentar: